belajar termux eps 2

June 16, 2020 0
UNINSTALL *.deb PACKAGES– Gunakan perintah $ dpkg --remove [nama package] untuk menghapus packages yang sebelum nya diinstall menggunakan perintah dpkg
MELIHAT APLIKASI *.deb– Gunakan perintah $ dpkg -l untuk melihat daftar aplikasi *.deb yang terinstall di termux

Karena dpkg mempunyai banyak opsi yang berguna, kamu bisa melihat manual via $ man dpkg.
PERINGATAN!!
package yang didownload dari ubuntu repository atau distro linux lain tidak akan bisa diinstall karena ABI libc yang tidak kompatible ,dan hanya *.deb package yang ditujukan untuk TERMUX yang bisa diinstall.

C. Cara Install Aplikasi Termux Berupa Script

Jika kamu mendapatkan aplikasi termux yang berupa script maka kamu perlu menginstall library bahasa pemrograman tersebut agar kamu bisa menjalankan script tersebut di termux.
Jika script yang kamu dapatkan berasal dari bahasa pemrograman interpreter seperti python(*.py),Perl(*.pl) ataupun ruby(*.rb) maka kamu langsung bisa menjalankan script tersebut tanpa mengkompile nya,dengan catatan kamu telah menginstall bahasa pemrograman tersebut di termux mu.
Install perl,ruby dan python di termux mu dengan mengetikan perintah $ pkg install perl ruby python
untuk menjalankan aplikasi termux yang berupa script cukup gunakan perintah $ perl script_mu.pl atau $ ruby script_mu.rb atau $ python script_mu.py

Mengelola Script Aplikasi di TERMUX

Secara umum aplikasi dibedakan menjadi 2 jenis berdasar bagaimana aplikasi tersebut dijalankan,yaitu aplikasi yang harus dicompile(dari source code dirumah menjadi bahasa mesin) sebelum dapat dijalankan dan aplikasi yang langsung bisa dijalankan dari source code (interpreter) tanpa dicompile.
Aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman interpreter akan lebih flexible dan mudah diedit sesuai kebutuhan,saat kamu menggunakan TERMUX pasti akan menemukan banyak tool/aplikasi kecil dalam bentuk source code yang bisa langsung dijalankan tanpa harus dicompile,orang awam menyebutnya dengan istilah script.
Untuk menjalankan aplikasi yang ditulis dengan bahasa program interpreter seperti Perl, Python, MATLAB, atau Ruby kamu hanya perlu menginstall interpreternya,sedangkan untuk mengedit source code/script nya kamu bisa menggunakan sembarang text editor.

Package Manager Bahasa Pemrogramman

Beberapa bahasa pemrograman mempunyai package manager sendiri,package manager untuk tiap bahasa pemrograman tidak disertakan secara default di TERMUX,jadi kamu perlu menginstall nya secara manual jika ingin menggunakan nya saat belajar termux
Klik pada link diatas dan ikuti panduan cara menginstall package manager untuk tiap bahasa pemrogramman yang kamu inginkan.

Belajar Menggunakan Kode Perintah Termux

Termux tidak mempunyai tampilan GUI dan hanya berupa shell dimana kamu harus mengetik kode perintah termux untuk menggunakannya,tanpa kamu menghafal kode perintah termux kamu tidak akan bisa menggunakan termux.

Kode Perintah Termux sama dengan Perintah LinuX

Kode perintah termux identik dengan perintah linux khususnya linux debian family seperti ubuntu atau linux mint,ini dikarenakan termux berfungsi sebagai terminal emulator yang mengakses shell linux di android HP mu.

Kode Perintah Termux Case Sensitive

Linux beda dengan Windows jadi yang harus kamu ingat bahwa linux case sensitive yang artinya linux akan memandang dan memperlakukan sebuah huruf dengan berbeda dilihat dari besar kecilnya huruf (kapital atau tidak kapital).
Perlakuan ini berlaku disemua lingkungan linux ,mulai dari penamaan folder/directory hingga perintah linux.
Contoh tulisan termux akan berbeda dengan Termux,TermuX,…,TERMUX walau dibaca sama tapi linux menganggap beda karena melihat besar kecilnya huruf,bukan bunyinya.
PASTIKAN!!
pastikan kamu mengetik semua perintah dalam format lower case atau semua perintah ditulis menggunakan huruf kecil semua.

Daftar Kode Perintah Termux Dasar

Berikut adalah kode perintah dasar termux yang wajib kamu kuasai saat belajar menggunakan termux,kode perintah ini sangat berguna karena kode termux ini sering digunakan untuk menginstall,mengelola aplikasi ,file dan folder,jika kamu serius belajar hacking kamu harus membiasakan menggunakan kode perintah termux dibawah ini :
  • pkg help
    untuk melihat opsi yang disediakan TERMUX pkg package manager
  • pkg search
    untuk Mencari packages berdasar nama.
  • pkg install
    untuk menginstall packages.
  • pkg uninstall
     untuk menghapus packages.
  • pkg reinstall
    untuk mereinstall packages
  • pkg show
    untuk menampilkan informasi detail tentang packages.
  • pkg list-installed 
    untuk menampilkan daftar packages yang terinstall di termux mu.
  • pkg files
    untuk melihat lokasi files packages diinstall
  • pkg list-all
    untuk menampilkan semua package yang disediakan di repositori.
  • pkg upgrade 
    untuk mengupdate dan upgrade package yang terinstall di termux mu
  • clear
    Perintah dasar ini digunakan untuk membersihan jendela console
  • pwd
    pwd (print working directory), digunakan untuk melihat posisis lokasi directory saat ini.
  • ls
    digunakan untuk melihat /list file dan directory. gunakan ls -la untuk melihat informasi detail dari file dan folder
  • cd
    Digunakan untuk nevigasi/pindah ke directory lain yang kita inginkan , gunakan cd .. untuk kebali ke 1 tingkat directory , gunakan cd ~ untuk menuju ke home directory
  • cp
    Digunakan untuk mengkopi/nyalin File dan Folder .
    cp -avr /folder-asal /folder-tujuan untuk mengkopi folder dan isinya
  • mv
    Digunakan Untuk memindahkan file dan folder tau bisa digunakan untuk merename jika file /folder mempunyai asal dan tujuan yang sama
  • rm
    Digunakan untuk menghapus File.
    rm -rf namaFolder untuk menghapus folder dan isinya.
  • rmdir
    Digunakan untuk menghapus Folder kosong .
    rmdir --ignore-fail-on-non-empty namafolder untuk menghapus folder yang tidak kosong
  • chmod
    Digunakan untuk mengubah File /folder permission/privilage.
    chmod +x namaFolder untuk merubah permisin ke 775 atau rwx–x–x

0 Comments for "belajar termux eps 2"