CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA 1

June 16, 2020 0

Mau Jadi Hacker?
Pahami Dulu Apa itu Hacking

Semua orang bisa menjadi hacker termasuk kamu asal mau belajar dengan giat,dengan bermodal hp android yang terkoneksi ke internet kamu sudah bisa belajar ilmu komputer secara otodidak sebagai modal belajar hacking.
Tapi kamu harus paham dan mengerti bagaimana usaha dan proses yang harus dilalui agar kamu bisa menjadi seorang hancker profesional.

Menjadi Hacker Perlu Proses

Belajar adalah proses yang harus kamu lalui sehingga tidak ada cara menjadi hacker dengan cepat,apalagi kamu seorang pemula yang harus belajar dari awal.
Mendownload dan menggunakan aplikasi hacking yang ada di internet tidak akan menjadikan mu seorang hacker secara instan,dan hanya menjadikan mu hacker rendahan (Script Kiddie).

Mindset Yang Keliru

Disini saya akan meluruskan pemahaman “HACKING” yang cenderung “kurang tepat” yang telah ada di benak dan fikiran mu selama ini.
Saya akan berusaha menjelaskan sebenar-benarnya pemahaman akan “hacking” dan memberikan cara memulai belajar hacking dengan baik dan benar untuk pemula.

Apa itu Hacking?

Hacking adalah kegiatan yang dilakukan oleh hacker untuk megindentifikasi dan mencari kelemahan (vulnerability) dalam sistem atau jaringan dan mengexploitasi kelemahan tersebut untuk menerobos masuk kedalam sistem.
Komputer sudah secara umum digunakan di perusahaan untuk kegiatan bisnis.Komputer perlu terhubung ke jaringan untuk saling berkomunikasi dalam menunjang kegiatan bisnis.Dengan tersambung nya komputer ke dunia luar berarti akan rawan dengan kegiatan hacking.
Hacking disini berarti menggunakan komputer untuk melakukan tindakan melanggar hukum seperti penipuan,pengumpulan data pribadi,pencurian data perusahaan dan lain lain.
Perusahaan perlu mengamankan infrastruktur komputer untuk menghindari serangan seperti ini,disinilah peran ethical hacker diperlukan untuk mempertebal pertahanan sistem komputer perusahaan dan ongkosnya tidak murah.

Apa Itu Ethical Hacking?

Ethical Hacking adalah mengidentifikasi kelemahan yang ada didalam sistem atau jaringan komputer dan mencari solusi untuk menambal/patch kelemahan tersebut.
Ethical hackers harus memenuhi syarat berikut:
  • Mendapatkan izin resmi secara tertulis dari pemilik sistem/jaringan komputer sebelum melakukan pentesting/hacking
  • Merahasiakan privacy perusahaan atau organisasi yang di hack
  • Melaporkan secara transparan hasil penemuan kelemahan sistem dari proses pentesting/hacing kepada perusahaan/organisasi
  • Melaporkan kelemahan hardware/software yang digunakan perusahaan kepada pihak vendor harware/sofware tersebut agar dilakukan patching.

Kenapa Ethical Hacking?

  • Informasi adalah aset tak ternilai yang dimiliki perusahaan atau organisasi.menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi perusahaan dapat menjaga image perusahaan dan menghemat banyak uang.
  • Hacking dapat menimbulkan banyak kerugian dan meruntuhkan perusahaan terutama yang bergerak di bidang finansial,Ethical hacing bertugas untuk mengamankan sistem dan jaringan komputer selangkah lebih maju dari para hacker jahat.

Apa itu Hacker ? Tipe Hacker

Hacker adalah orang yang menemukan vulnerability dan membuat exploit untuk menerobos masuk kedalam sistem atau jaringan komputer.
Hacker biasanya programmer dengan skill tinggi dan mempunyai pengetahuan keamanan komputer.
Hacker dapat dikelompokan sebagai berikut berdasar skill dan tujuan nya:
  • Ethical Hacker (White hat) adalah hacker yang diberi izin masuk ke sistem dan diminta untuk memeriksa,mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan sistem atau jaringan dengan cara melakukan penetration testing.
  • Cracker (Black hat) adalah hacker yang berinisiatif sendiri untuk masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin.Tujuan nya biasanya untuk merusak atau mencuri data penting untuk digunakan demi keuntungan sendiri.
  • Grey hat adalah hacker yang berinisiatif masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin dengan tujuan untuk melihat dan mencari kelemahan sistem atau jaringan dan melaporkan nya ke pemilik sistem agar diperbaiki.
  • Script kiddies adalah seseorang tanpa skill yang berhasil masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin dengan menggunakan tool hacking buatan orang lain yang dipublish di internet.
  • Hacktivist adalah hacker yang menggunakan skill hacking nya untuk menyebarkan pesan social,agama,politik.dll dengan cara membajak website dan meninggalkan pesan di home page dengan cara di deface(mengganti tampilan halaman website).
  • Phreaker adalah hacker yang mencari dan mengexploit kelemaham sistem atau jaringan telephone

0 Comments for "CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA 1"