CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA 2

June 16, 2020 0

Miliki Modal Utama Seorang Hacker

Untuk menjadi seorang hacker profesional tidak bisa dicapai dengan cara instan dalam waktu singkat,ada banyak hal yang harus kamu pelajari dan banyak jalur yang harus kamu lalui untuk sampai kesana.
Belajar menjadi hacker atau ahli keamanan komputer tidak bisa dilakukan oleh setiap orang,tapi saya yakin kamu bisa melakukan nya asal kamu punya bekal untuk menempuh perjalanan menjadi seorang hacker profesional.

Curiosity dan Passion (Hobby)

Modal utama yang paling utama,inti dari inti serorang hacker profesional adalah menjadikan belajar komputer sebagai hobby.Rasa haus akan ilmu pengetahuan serta gairah untuk terus menggali,mengexplore,mempelajari hal yang disukainya (dalam hal ini dunia komputer) sehingga akan membentuk pribadi yang ahli dibidang komputer.
Melakukan pekerjaan yang kamu sukai tidak akan membuatmu tertekan atau merasa sedang bekerja,untuk menjadi hacker yang notabane nya adalah ahli komputer maka kamu harus punya passion akan dunia komputer.

Banyak Membaca

Perintah pertama Tuhan kepada Nabi Muhammad dalam wahyu-Nya yakni Iqra (“bacalah!”),ini menggambarkan betapa penting nya membaca untuk menyerap ilmu pengetahuan,walau sekarang jaman sudah canggih(sudah ada audio dan video) namun posisi tulisan tidak akan bisa tergantikan oleh media apapun karena kebanyakan ilmu dituangkan dalam bentuk tulisan dan gambar.
Mulai sekarang jika kamu ingin belajar menjadi hacker profesional maka mulailah menggali ilmu dengan membaca forum ataupun artikel yang ada di interner yang membahas ilmu komputer.

Bahasa Inggris

Saat kamu belajar hacking dan mencarinya lewat internet maka kebanyakan artikel ditulis dalam bahasa inggris,ini dikarenakan bahasa inggris digunakan sebagai standar bahasa untuk komunikasi internasional.
Jadi mulailah memperkaya kosakata bahasa inggris sedikit demi sedikit dengan cara membaca artikel bahasa inggris dan terjemahkan perkata sambil diingat-ngat.
Lakukan secara terus menerus lama-lama kamu akan hafal banyak kata-kata bahasa inggris tanpa kamu sadari jika dipraktekan setiap hari.

Think Out Side of The BoX (KREATIF)

Seorang hacker dituntut untuk kreatif dalam berfikir dengan melihat dunia dari sisi dan dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang sehingga seorang hacker profesional selalu menemukan ide ide brilian untuk menemukan dan menembus kelemahan sistem (vulnerability)serta mencari solusi terbaik untuk mengatasi kelemahan tersebut guna memperkuat sistem yang telah dia hack.

Gak Harus PC/laptop HP pun bisa

Untuk belajar menjadi seorang hacker kamu tidak diharuskan punya PC atau laptop,karena kamu bisa menggunakan HP android mu untuk belajar hacking juga,misalnya kamu bisa menginstall TERMUX agar bisa mengakses shell linux dan bisa digunakan untuk belajar linux.

Seperti Apa Sih Skill Hacker Profesional?

Yang perlu kamu ketahui dan camkan dengan baik adalah,seorang hacker tidak bisa ngehack semua hal,ini dikarenakan disiplin ilmu komputer mempunyai banyak cabang.Sedangkan untuk bisa ngehack layanan/service tertentu diperlukan pengetahuan mendetail akan hal tersebut.
Sebagai contoh,
untuk bisa menghack sebuah website seorang hacker harus ahli dan belajar hacking di bidang website agar tau 100% komponen yang digunakan untuk membuat website,mulai dari aplikasi server,bahasa pemrograman,database hingga modul yang digunakan oleh webserver.
Sedangkan untuk bisa crack/hack sebuah aplikasi binnary (crack program,exploitasi port,exploitasi memory)seorang hacker memerlukan pengetahuan yang berbeda dengan hacker website.
Kesimpulan nya,
Jadi hacker adalah seorang spesialis dalam bidang komputer tertentu yang paham betul akan bidang yang pelajarinya sehingga bisa memanipulasi dan memerintahkan komputer untuk melakukan hal yang tidak semestinya komputer lakukan sesuai dengan keinginan hacker.

Tahapan Cara Belajar Hacking

Menjadi hacker bukanlah hal instan,kamu harus punya bekal untuk memulainya,berikut adalah 3 hal wajib dan pokok yang harus kamu kuasai jika kamu ingin belajar menjadi hacker profesional,bukan script kiddie yang cuman bisa download dan install tool buatan hacker lain.

Belajar LinuX

Linux merupakan sistem operasi internet (nyawa internet),hampir semua perangkat internet menggunakan sistem operasi linux.Kamu bisa saja menggunakan internet tanpa belajar linux,tapi kamu tidak akan bisa menjadi hacker tanpa belajar Linux.
Untuk alasan tersebut,hacker sekarang lebih condong untuk menggunakan sistem operasi linux untuk melakukan kegiatan hacking mulai dari developing,sampai penetration testing.
Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus belajar linux dan menggunakan linux saat kamu belajar hacking:
  • Free & Open source
    Free bukan hanya berarti gratis,namun ini bermakna kebebasan yang sangat identik dengan seorang hacker yang memerlukan kebebasan platform untuk berkreasi menciptakan ide-ide brilian nya. Linux merupakan platform yang ideal untuk ini,karena linux bebas dan opensource sehingga mudah untuk dirubah dan dikembangkan oleh siapapun dan untuk tujuan apapun tanpa benturan llisensi hukum.
  • Support banyak bahasa pemrograman
    Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. C/C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl dan masih banyak lagi dan berjalan sempurna di linux.Linux membuat simple dan efektif saat kamu menulis script untuk program yang kamu develop.
  • Kebanyakan Tools Hacking dibuat untuk Linux
    Tool hacking populer seperti metasploit dan nmap bisa berjalan di windows,namun tidak 100% kemampuan tool tersebut ada di windows,linux lebih punya banyak fitur dan tool serta lebih unggul dalam mengelola memory sehingga tool hacking mu lebih ringan dan cepat saat berjalan di linux.
  • Ringan dan Flexible
    Karena alasan inilah linux menjadi sistem operasi favorit untuk banyak perangkat mulai dari server hingga perangkat kecil/smart device (IoT),sensor hingga mesin pembuat kopi otomatis.
  • Masa depan Milik Linux
    Dari semua poin diatas sudah sangat jelas, linux menjadi nyawa hampir semua mesin yang kamu gunakan sehari-hari,linux lebih dipilih karena kestabilan,flexible dan tahan banting.Bahkan HP android mu menggunakan Linux.
Jadi tidak ada rugi jika kamu belajar linux mulai dari sekarang, kamu bisa memulai belajar linux mulai dari pemula hingga linux server secara lengkap di www.BelajarLinux.ORG

0 Comments for "CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA 2"