CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA END

June 16, 2020 0
Kemampuan hacking bisa didapat dari latar belakang pendidikan,namun untuk menjadikan mu hacker profesional kamu harus mengasah kemampuan mu sendiri dengan cara belajar secara otodidak dengan cara mengembangkan ilmu yang telah kamu dapatkan secara formal ataupun informal.

Menonton Video DEF CON di youtube

Banyak video pertemuan DEF CON yang diunggah di youtube dan bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses belajar hacking secara otodidak.
Video DEF CON akan mempresentasikan tehnik hacking yang biasa digunakan oleh para black hat hacker dan cara ethical hacker mengamankan sistem perusahaan yang telah menyewa mereka sebagai konsultan keamanan komputer.
DEF CON atau DC adalah salah satu pertemuan hacker terbesar didunia yang diadakan setiap tahun di Las Vegas dan Nevada.
Peserta DEF CON berasal dari berbagai kalangan dan komunitas termasuk keamanan komputer profesional, jurnalis, pengacara, pegawai pemerintah federal, peneliti keamanan, mahasiswa, dan peretas dengan minat umum pada peranti lunak, arsitektur komputer, phreaking telepon, modifikasi perangkat keras, dan apa pun yang dapat “diretas”.
Acara ini terdiri dari beberapa jalur pembicara tentang subyek yang berhubungan dengan komputer dan peretasan, serta tantangan dan kompetisi keamanan cyber (dikenal sebagai peretasan wargames).
Kontes yang diadakan selama acara sangat bervariasi, dan dapat berkisar dari membuat koneksi Wi-Fi terpanjang (aircrack-ng) hingga menemukan cara paling efektif untuk mendinginkan bir di panas Nevada.
–pengertian DEF CON dari WIKIPEDIA
Channel Youtube DEFCONConference

Mengikuti channel Hacker Profesional

Plis jangan nyari tutorial hack sembarangan di youtube, itu sangat salah sekali.
Kamu tidak akan menjadi hacker jika cuma mengikuti tutorial yang bahkan kamu tidak tau maksudnya.
Yang benar adalah kamu subcribe chanel youtube hacker profesional,mereka umumnya bekerja sebagai pentester,penganalisa malware,konsultan keamanan dan jasa keamanan komputer lain nya.
Untuk saat ini ,saya menemukan beberapa channel youtube hacker terbaik yang isinya edukasi antaralain:

Live Overflow

Ini adalah channel profesinal hacker yang bekerja sebagai pentester.
Disni kamu akan belajar banyak tentang cara dan tehnik webhacking,dengan penjelasan yang menarik dan sangat mendetail akan apa yang dilakukan.
Step by step nya sangat jelas dan mudah dimengerti.
Di sebelah kanan ada chananel rekomendasi,kamu bisa cek juga channel tersebut.

OALabs

Channel ini dimiliki oleh seorang pro hacker spesialis reverse engineering, lebih spesifiknya seorang malware analysis.
Disini kamu akan belajar bagaimana menganalisa cara kerja malware menggunakan tehnik reverse engineering agar bisa melumpuhkan malware tersebut.

Ayo Asah Skill Hacking Mu

Ilmu komputer terus berkembang setap hari,seorang hacker diwajibkan untuk selangkah lebih maju dari teknologi yang ada sekarang ini,untuk itulah kamu harus belajar dan mengasah kemampuan mu agar pengetahuan mu tidak ketinggalan.

Buatlah Open Source Projek

Buatlah aplikasi yang kamu pikir sesama hacker atau komunitas butuhkan dan mempublish nya secara opensource agar aplikasimu bisa dikembangkan lebih lanjut oleh komunitas.
GitHub merupakan salah satu platform terbaik saat ini untuk menaruh repository aplikasi opensource,dengan github kamu bisa maintenance sourcecode dan mendistribusikan secara bersamaan.

Belajar Testing dan Debug Opensource Software

Ada banyak aplikasi opensource yang dipublish di internet,kamu bisa jadikan ini sebagai alat latihan untuk mengasah skill mu dengan cara berburu bug/vulnerability dan membantu komunitas aplikasi tersebut untuk mengembangkan keamanan aplikasi opensource tersebut.
  • Cobalah cari aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan dan menjadi beta tester yang baik.kamu akan diizinkan untuk mendebug aplikasi tersebut untuk menemukan bug dan segeralah melaporkan bug dan memberi solusi kepada pihak pengembang sesegera mungkin untuk mendapatkan reward.Kamu akan banyak belajar ilmu hacking baru dengan cara ini.

Posting Informasi yang Bermanfaat

Bergabunglah di forum ataupun komunitas opensource dan ikut andil didalamnya dengan cara memberikan informasi yang berguna bagi pengembang atau pengguna aplikasi opensource tersebut,secara tidak langsung kamu akan banyak belajar hal baru saat membaca problem mereka danmencoba mencari solusinya.

Belajar Hacking Dari Video Def Con Hacker Profesional

Saat kamu baru belajar pasti kamu akan berfikir “gimana sih hacker bisa ngehack sistem?” untuk itulah kamu perlu membuka fikiran mu dengan cara melihat video profesional hacker saat presentasi di ajang pertemuan hacker las vegas “DEFCON”.
Divideo defcon peserta yang kebanyakan “white hat hacker” akan melakukan presentasi hacking dan demo di panggung,dari situ kamu akan banyak belajar hal baru dari tiap peserta DEFCON.
Video DEFCON banyak bertebaran di youtube,silakan kamu mulai buka dan lihat presentasi para profesioal hacker agar kamu ada gambaran bagaimana cara mereka bekerja.

Ikut Bug Bounty

Bug Bounty adalah istilah yang digunakan untuk sayembara yang isinya “Barang siapa yang bisa menemukan bug/vulnerability di sistem tertentu dan melaporkan nya,berhak mendapat imbalan”.
Bug bounty ini pasti ada untuk setiap perusahaan yang menggunakan internet sebagai alat bisnisnya, misalnya tokopedia,bukalapak,google,microsoft, dan hampir semua perusahaan online membuka bug bounty dengan tujuan agar sistem nya jauh lebih aman,dengna cara mempekerjakan hacker lepas untuk menemukan bug dan melaporkanya ke perushaan dan dibari imbalan.
Kamu bisa menemukan aturan bug bounty untuk setiap perusahaan yang ada di bagian footer website resmi mereka.
kamu bisa mengasah skill hacking dengan mengikuti sayembara bug bounty saat belajar hacking sapa tau dapet bug dan dapet uang juga.

Belajar Hacking CTF challenge


Jika kamu ingin berlomba adu skill hacking mu kamu bisa ikut dalam kompetisi hacking CTF (Capture The Flag),di dalam kompetisi ini seorang hacker akan diberi soal dan harus berhasil menemukan flag,flag ini bisa diperolah dengan cara melakukan tehnik hacking yang sebenarnya.
Soal yang diberikan sangat beragam dan setiap soal memerlukan keahlian khusus untuk bisa melakukan hacking dan mendapatkan flag.Tiap soal memiliki level dan score berbeda tergantung dari tingkat kesulitan,makin banyak kamu menyelesaikan soal makin tinggi score yang kamu peroleh.
Ada banyak website yang menyediakan CTF challege dan kamu bisa ikut serta didalam nya,kamu juga bisa melihat leaderbord hacker siapa saja yang telah berhasil mendapatkan flag dan perolehan skornya.
masukan kata kunci “ctf challenges” di google maka kamu akan mendapatkan list website ctf challenges yang bisa kamu coba untuk mengukur dan mengasah skill hacking mu.

Ethical Hacker Sebagai Profesi,why not?

Hacker ibarat orang yang dibekali dengan pisau,jika orang itu baik maka pisaunya akan digunakan untuk melakukan hal berguna (memasak,crafting,alat mencari makan) tapi jika orang itu jahat maka pisaunya bisa digunakan untuk malak danmembunuh orang hanya untuk mengenyangkan perutnya.
Begitu juga hacker,dengan ilmu dan kekuatan yang begitu besar ethical hacker (white hat hacker) akan memilih untuk bekerja di sektor keamanan dan menggunakan ilmunya untuk hal yang berguna.
Disisilain hacker jahat (black hat hacker) akan menggunakan kemampuan nya untuk melanggar hukum dengan membobol sistem,mencuri data untuk keuntungan dirinya sendiri.

Kesimpulan

Hacker bukanlah sebuah julukan yang bisa kamu dapatkan secara instan jika kamu mahir komputer,hacker adalah orang berbakat penuh talenta di bidang komputer yang begitu gemar belajar,solving problem sehingga tau betul bagaimana komputer bekerja dan tau bagaimana untuk memanipulasi komputer agar berjalan sesuai dengan yang hacker inginkan.
Ada perjalanan panjang yang harus kamu tempuh jika kamu ingin menjadi seorang hacker,yakinlah setiap orang dilahirkan dengan minat dan bakat yang berbeda,namun itu bukan penentu ukuran seseorang pantas atau tidak menjadi seorang hacker.
Asal kamu punya minat,cinta,dedikasi yang besar untuk belajar komputer kamu akan bisa menjadi ahli komputer (Hacker)
JANGAN PATAH SEMANGAT SEBELUM MELANGKAH,ARTIKEL INI SAYA TULIS SEBAGAI BEKAL AWAL UNTUK MENUNTUNMU MEMULAI BELAJAR MENJADI SEORANG AHLI KOMPUTER (HACKER) SUPAYA ADA GAMBARAN SEBELUM MELANGKAH.

0 Comments for "CARA MENJADI HACKER PROFESIONAL |UNTUK PEMULA END"