Belajar termux eps 3

June 16, 2020 0

Cara Hacking Menggunakan Termux

Termux dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal termasuk sebagai alat hacking,kamu bisa mengubah HP android mu menjadi tool hacking yang canggih hanya dengan menginstall termux yang didalam nya terinstall tools haking yang biasa digunakan oleh para ethical hacker (pentester profesional).
Berikut adalah tutorial cara install tools hacking populer di termux android :
  • Meta Sploit Framework – metasploit merupakan salah satu tool hacking yang sangat populer,dengan tool ini kamu bisa membuat,menguji dan menjalankan sebuah exploit untuk memanfaatkan vulnerability pada suatu sistem sebagai jalan masuk untuk mengambil alih sistem.

    Ikuti tutorial cara install meta sploit framewok di hp androidmu
  • WireShark – Wireshark merupakan aplikasi untuk menganalisa paket dalam suatu jaringan.Aplikasi ini biasa digunakan untuk menganalisa jaringan,troubleshooting jaringan,pengembangan perangkat lunak dan protokol komunikasi serta sebagai alat dalam proses belajar mengajar/pendidikan.

    Kamu bisa install aplikasi wireshark di HP androidmu dengan termux utuk tujuan hacking,dimana dengan tool ini kamu bisa mendapatkan banyak informasi di suatu jaringan yang ingin kamu hack.
  • Nmap- Nmap merupakan aplikasi scanner jaringan,nmap digunakan untuk menemukan komputer dan layanan di jaringan komputer cara mengirim paket dan menganalisa respon yang diterima.

    Nmap menyediakan sejumlah fitur untuk probing jaringan komputer,termasuk untuk menemukan host dan layanan serta mendeteksi sistem operasi yang digunakan.

    Ayo buruan install nmap di hp android mu jika kamu ingin scann jaringan dan melihat siapa saja yang berada di satu jaringan dengan mu atau kamu ingin mendapatkan informasi dari suatu host komputer.
  • Tools lain – ada ratusan bahkan ribuan tool yang dibuat untuk tujuan spesifik saat melakukan aktifitas hacking,jadi kamu bisa mencarinya sendiri di internet tool hacking yang sesuai dengan kebutuhan mu

GUI TERMUX

Termux merupakan terminal emulator untuk mengakses shell linux di androidmu,jika kamu punya aplikasi berbasis GUI maka kamu tidak akan bisa menjalankan aplikasi/package tersebut di termux secara langsung dan akan muncul peringatan “TERMUX ERROR ” Gtk-WARNING **: cannot open display: :0.0
Hal ini dikarenakan termux tidak menemukan display yang akan digunakan oleh aplikasi tersebut,untuk mengatasi hal ini kamu harus megaktifkan GUI di termux terlebih dahulu.
LANGSUNG JADI HACKER INSTANN!!
harap kamu berhati-hati dalam mendownload tool hacing di internet jika kamu hanya coba-coba dan tidak tau dunia hacking,untuk menjadi hacker sungguhan diperlukan banyak pengetahuan dan keahlian di bidang komputer,dan untuk mendapatkan hal tersebut tidak instan dan perlu tahapan proses yang tidak bisa dilompati.

jika kamu pengin langsung jadi hacker BELAJARLAH ILMU KOMPUTERDARI BAWAH,KARENA Tidak bisa disebut HACKER seseorang TANPA PENGETAHUAN KOMPUTER yang hanya bermodal tool dari internet.

Dalam Dunia hacker,bocah-bocah rendahan seperti ini dikenal dengan istilah SCRIPT KIDDIE.Script kiddie adalah seseorang dengan pengetahuan komputer rendah yang menggunakan tool buatan orang lain untuk tujuan menyerang,merusak sistem komputer ataupun melakukan deface suatu sistus.

Jika kamu tertarik dunia keamanan komputer,kamu bisa mengikuti panduan yang saya tulis cara mulai belajar menjadi hacker profesional yan gberisi bekal dan arahan khusus untuk mu.

BACKUP dan RESTORE TERMUX

Setelah sekian lama kamu belajar termux dan bekerja dengan TERMUX di android seperti menginstall ,mencoba, mensetting berbagai macam aplikasi di termux,tentu kamu tidak mau semua jerih payah mu hilang seketika yang disebabkan oleh glitch/error pada aplikasi termux ataupun kerusakan HP android mu.

Kenapa harus Backup TERMUX

Untuk mengatasi dan mencegah hal buruk ini terjadi termux telah menyediakan aplikasi/package restic yang bisa kamu install dan gunakan untuk membackup ataupun merestore hasil backup an.
TIPS
Baiknya kamu meletakan/menyimpan file hasil backup di external storage seperti SDCARD ataupun FLashdisk OTG,soalnya kalau kamu backup di memory internal terus hp mu rusak,gimana cara ngambil file backup an nya coba 😛

FIX storage permission denied TERMUX

Saat belajar termux pertama kali pasti kamu akan menemui Error “storage permission denied” disebabkan karena termux tidak mempunyai izin untuk mengakses storage (internal dan external storage).
Untuk mengatasi hal ini,Pastikan termux mu sudah diberi izin/permission untuk mengakses SDCARD/storage.
Jika belum jalankan perintah $ termux-setup-storage pilih allow/ijinkan jika muncul popup dialogue.
Atau kamu bisa masuk ke menu setting di android mu > aplikasi/apps >termux>permission>slide/centang pada storage

Cara Backup TERMUX

Untuk dapat membackup termux dengan mudah dan aman kamu baiknya kamu menggunakan aplikasi restic ,jika belum kamu bisa install dulu dengan perintah $ pkg install restic
  1. Buat directory untuk menyimpan hasil backup di sdcard dengan perintah $ mkdir -p /sdcard/termux-backups
  2. Jadikan local directory yang telah kamu buat menjadi local repository dengan perintah $restic init -r /sdcard/termux-backups .

    Pada proses ini kamu akan disuruh membuat password (setelah buat jngan sampai lupa atau hasil backupan mu tidak bisa digunakan)
  3. Mulai proses backup dengan mengetikan perintah $ restic backup -r /sdcard/termux-backups --tag termux $PREFIX
  4. restic menerapkan metode backup incremental tunggal,sehingga walau kamu membackup berkal-kali hasilnya cuman ada 1 file backupan dengan perubahan ukuran sesuai dengan jumlah package di termux mu.

    Jadi tidak usa kuatir akan penuhnya storage karena sering backup.Untuk melakukan backup lagi cukup ketikan perintah $ restic backup -r /sdcard/termux-backups --tag termux $PREFIX .

Cara Restore TERMUX

Cara restore termux berikut dengan asumsi file backup an berada di “/sdcard/termux-backups” jika lokasi backupan berbeda kamu bisa menyesuikan di perintah yang akan kamu jalankan.
Pastikan dulu kamu sudah menginstall aplikasi restic,jika belum kamu install dulu dengan menjalankan perintah $ pkg install unstable-repo lalu $ pkg install restic
Proses merestore termux agak sedikit rumit dibandingkan cara backup termux,karena kita akan menghapus environment yang ada dan mengganti dengan environment backupan.
  1. Copy aplikasi restic ke $HOME,supaya restic bisa langsung dijalankan dari lokasi directory kerja saat ini (secara default di $HOME) dengan mengetikan perintah $ cp $PREFIX/bin/restic $HOME/restic dan untuk memastikan kamu berada di home jalankan perintah $ cd ~
  2. Unset LD_PRELOAD (disable termux-exec) dengan perintah $ unset LD_PRELOAD
  3. Hapus $PREFIX lama dengan perintah $ rm -rf $PREFIX
  4. Restore termux dari folder termux-backups dengan perintah $ $HOME/restic restore -r /sdcard/termux-backups --tag termux --target / latest
Jika semua dilakukan dengan benar harusnya kamu sudah berhasil merestore termux dari file hasil backup,tinggal tutup aplikasi termuxnya lalu jalankan lagi dan enjoy… 🙂

KESIMPULAN

Termux hanyalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses shell linux di androidmu,termux bukan hanya digunakan sebagai alat hacking,lebih dari itu termux bisa digunakan untuk tujuan lain sesuai dengan keahlian komputer pemakainya.
memang sih dengan adanya termux kegiatan hacking bisa lebih flexible,jika dulu orang hacking harus bawa laptop yang diinstall linux,sekarang kamu bisa menggunakan HP android yang diinstall termux untuk melakukan kegiatan hacking.
Karena pada dasarnya android adalah salah satu varian dari linux,dengan menginstall aplikasi termux kamu bisa mengakses shell linux android layaknya kamu menggunakan laptop yang terinstall linux.

0 Comments for "Belajar termux eps 3"